Kamis, 10 September 2015

Publikasi Portal.com: 25 Tahun Jeda, Kemah Seniman Aceh Kembali Digelar

25 Tahun Jeda, Kemah Seniman Aceh Kembali Digelar

10 September 2015 12:30 - RISMAN A RACHMAN
http://archives.portalsatu.com/budaya/25-tahun-jeda-kemah-seniman-aceh-kembali-digelar/


JANTHO – Dewan Kesenian Aceh (DKA) akan mengadakan Kemah Seniman di Kota Jantho, Aceh Besar pada 11-13 September 2015.


“Ini Kemah Seniman ke-4 setelah terhenti selama 25 tahun,” kata Ketua DKA, Nurmaida Atmaja dalam konferensi pers di kantor DKA, Banda Aceh, hari ini, Kamis, 10 September 2015.

Nurmaida mengatakan Kemah Seniman pertama dilaksanakan tahun 1988. Agenda tahunan ini terhenti sejak 1990. “Ini ada kaitannya dengan kondisi konflik Aceh kala itu,” kata Nurmaida yang bergiat di seni teater.

Ketua Pelaksana Kemah Seniman ke-4 DKA, Rasyidin, yang didampingi Sulaiman Juned dan Ahmad Mirza Safwandi mengatakan, acara Kemah Seniman yang mengusung tema “Meretas Kebersamaan dalam Keberagaman Lokalitas Seni Aceh” akan menghadirkan Wali Nanggro, Malik Mahmud Al-Haytar.

“Wali Nanggroe akan menyampaikan pidato kebudayaan di hadapan 400 peserta,” kata Rasyidin.

Sementara Sulaiman Juned mengatakan Wali Nanggroe diharapkan dapat memaparkan gerakan kebudayaan sebagai perekat sosial dan pembentuk karakter bangsa.

Kemah Seniman ke-4 DKA yang juga mengundang sejumlah seniman nusantara seperti Yoppi Andri (Yogyakarta), Arbi Tandjong (Medan), Murdoks (Pekanbaru), Win Geumade (Medan), Yondik Tanto (Medan), dimaksudkan menjadi ajang silahturahmi, ajang kreativitas, dan ekpresi ide-ide terbaru, serta merumuskan rekomendasi seniman Aceh tentang proses kreatif seni di Aceh.

“Persiapan Kemah Seniman sudah 70 persen,” kata Rasyidin lagi.

Rasyidin mengatakan seluruh peserta berkumpul di kantor DKA di lokasi Taman Budaya Banda Aceh pada Jumat, 11 September 2015 sekitar pukul 14.00 WIB. Selanjutnya peserta melakukan konvoi yang diiringi dengan permainan rapa’i di atas mobil truk terbuka menuju Kota Jantho. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Pahlevi, dan dua Wakil Ketua DPRA, Sulaiman Abda akan melepas iringan konvoi.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi dan Humas DKA, Ahmad Mirza Safwandy menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Aceh, Pangdam IM, dan khususnya Lembaga Wali Nanggroe yang sudah memberi dukungan kepada DKA yang akan menggelar Kemah Seniman ke-4.

Ketua DKA, Nurmaida Atmaja secara khusus juga menyampaikan terima kasih kepada DKB Aceh Besar dan ISI Aceh serta seluruh seniman lainnya yang sudah membantu dan mendukung. [](bna)

- See more at: http://archives.portalsatu.com/budaya/25-tahun-jeda-kemah-seniman-aceh-kembali-digelar/#sthash.R8Sl8JVH.dpuf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar