Kamis, 10 September 2015

Setelah 25 Tahun Terhenti, Kini Kemah Seniman ke-4 Digelar Kembali

Banda Aceh__Dewan Kesenian Aceh (DKA) laksanakan kegiatan kemah seniman ke-4 di Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar Provinsi Aceh, Jumat-Minggu, 11-13 September 2015. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menjalin silaturhami dan menampilkan kreatifitas seniman se-Aceh baik kesenian tradisi maupun modern. Acara ini akan dibuka oleh Wali Nanggro Aceh Teuku Malik Mahmud Al-Haytar dan dihadiri oleh seluruh seniman se-Aceh dan seniman Nasional.


Ketua DKA Nurmaida Atmaja mengatakan, program Kemah Seniman dilatarbelakangi ajang silaturahmi antar seniman se-Aceh, untuk  mempersatukan spirit dan memperkuat eksistensi Lembaga Dewan Kesenian Aceh (DKA), serta perangkat Dewan Kesenian Kabupaten/Kota (DKK) beserta instansi-instansi pendukung lainnya hingga kian mampu memerdekakan karakter gerak pelaku seni maupun pekerja seni.

“Selain ajang silaturahmi, kegiatan ini juga menjadi ajang kreatifitas seniman menampilkan karya masing-masing. Selain itu, kemah seniman ini juga melahirkan ide-ide terbaru dan merumuskan serta menyelesaikan permasalahan seniman yang terjadi di lingkungan masyarakat, juga akan menelorkan rekomendasi seniman Aceh tentang proses kreatif seni di Aceh kepada pihak yang berwenang (stakeholder). Hal ini tentu akan dirumuskan dalam musyarawah seniman (Doek Pakat Seniman) untuk memberikan pencerahan dan kebaruan terhadap kesenian di Aceh bagi pengembangan di masa yang akan datang” Ungkap Nurmaida.

Nurmaida Atmaja menambahkan “Kemah Seniman ini telah dilaksanakan semenjak tahun 1988 dan berturut-turut dilakukan setiap tahunnya 1989 dan 1990. Namun terhenti pada kemah seniman ke-3 tahun 1990, hal ini berkaitan dengan konsdisi Aceh dalam suasana komplik. Setelah terhenti 25 tahun Pasca komplik dan tsunami baru tahun inilah kita laksanakan kembali kemah seniman ke-4 dan mudah-mudahan dapat terlaksana kembali menjadi program tahunan (setahun sekali)” Ucapnya

WinAnsar@2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar